Kamis, 15 Oktober 2009

Cara Cepat Mengatasi Global Warming????



Masalah pemansan global akhir-akhir ini merupakan hal paling hangat dibicarakan di seluruh dunia. Dan juga di sekeliling kita juga banyak di gencarkan aksi untuk mengurangi hal-hal penyebab pemanasan global.

Suatu ketika terdengar oleh saya seorang anak kecil seumuran anak TK yang tanpa dosa menanyakan sesuatu kepada orangtuanya:

"Ayah, kenapa orang-orang selalu disibukkan dengan pemanasan global?? Bukankah lebih mudah mereka menyalakan AC dan lemari es secara bersama-sama untuk menciptakan bumi yang sejuk dan tidak panas lagi???"


Nah lho, begitu pekanya seorang anak itu terhadap masalah global warming dibandingkan kita... xixixixi


Setelah saya baca-baca buku, akhirnya ketemu juga jawaban dari anak itu.

Antara lain sebagai berikut penjelasannya:

Pasti secara spontan kita akan menjawab TIDAK. Kenapa?? Karena jumlah penyejuk udara dan lemari es di dunia ini tidak sebanyak yang kita kira. Bahkan meskipun setiap orang memiliki satu lemari es, hal itu belum cukup membekukan ujung sebuah gletsyer di Kutub Utara.

Dan ternyata, hal yang kita lakukan seperti itu hanya akan membuat bumi ini SEMAKIN PANAS. Karena semua alat itu membutuhkan listrik, dan listrik diciptakan dari panas. Misalnya saja di PLTU. Mereka membuat panas dari batubara untuk mendidihkan air untuk menghasilkan uap bertekanan tinggi, yang selanjutnya digunakan untuk memutar turbin yang juga berfungsi memutar generator. Hanya sepertiga energi yang menjadi listrik terpakai, sisanya menjadi panas (contoh: kabel terasa hangat ketika dialiri listrik).

Dan ada satu hal yang memperkuat alasan ini, yaitu cara kerja kedua alat pendingin itu sendiri. Lemari es memiliki cara kerja memindahkan udara panas dari dalam lemari dan membuangnya ke udara sekitar melalui kumparan-kumparan di belakangnya. Begitu pula penyejuk ruangan (AC), dia mengambil udara dari dalam ruangan, memisahkan udara yang panas, kemudian membuangnya keluar ruangan.

Sampai disini kita dapat mengatakan bahwa alat pendingin sebenarnya menghasilkan panas lebih banyak daripada dingin yang dihasilkannya. Dengan alasan, kita telah memaksa panas mengalir dari temperatur rendah ke temperatur tinggi (pada dasarnya panas mengalir dari temperatur tinggi ke temperatur lebih rendah), sehingga memerlukan energi untuk mengerjakan hal tersebut (listrik). Sedangkan energi listrik akan berubah menjadi panas setelah "menjalankan tugasnya". Terbukti di bagian luar lemari es akan terasa hangat (bahkan panas).


Lalu bagaimana kalau suatu saat kita bisa mengoperasikan penyejuk udara tanpa energi listrik???

Dengan usaha seperti itu, kita hanya mendapatkan kejadian yang disebut break even, yaitu satu kalori panas yang dihasilkan di suatu tempat pasti akan seimbang dengan tiap kalori yang dihilangkan di tempat lain (-a + a = 0). Maka usaha kita tidak akan mengubah jumlah panas di dunia secara keseluruhan, namun hanya memindah-mindahkannya dari satu tempat ke tempat lain... Mringis


Jadi Kesimpulannya:
Penyejuk udara (AC) dan Lemari ES sebenarnya adalah mesin pembuat panas !!!!!! Syok Berat




So, Any Questions???

0 komentar:

Posting Komentar